Minggu, 25 Maret 2012

Resensi Buku Non Fiksi

Metode Cling…! Semua Rumus Kimia Gak Pake Mikir…!

Identitas buku:
ü  Judul                    : Metode Cling…! Semua Rumus
 Kimia Gak Pake Mikir…!
ü  Penulis                  : Forum Tentor
ü  Penerbit                : Pustaka Widyatama
ü  Jumlah halaman    : xii + 372
ü  Tahun terbit          : 2011
ü  Harga buku          : Rp26.500,00
            Banyak siswa SMA yang menganggap pelajaran kimia itu sulit. Dengan adanya buku “Metode Cling…! Semua Rumus Kimia Gak Pake Mikir…!” yang mengulas tentang materi pelajaran kimia untuk siswa SMA mungkin bisa mengubah pendapat para siswa. Karena di dalam buku ini, materi disampaikan secara ringkas dan mudah untuk dipahami. Jadi, buku ini bisa dijadikan pegangan untuk siswa ataupun para pengajar selain buku paket.
            Tujuan penulisan buku ini adalah untuk membantu kita menguasai konsep secara mudah. Penguasaan konsep merupakan satu-satunya cara agar kita bisa langsung “cling” setiap mengerjakan soal. Buku ini berisi menjadi 13 bab yang membahas tentang materi kimia kelas X, XI, XII, yaitu: struktur atom dan sistem periodik unsur, ikatan kimia ,stokiometri, termokimia, laju reaksi, kesetimbangan, larutan, koloid, reaksi redoks dan elektrokimia, kimia organik, kimia unsur, kimia inti, dan kimia lingkungan. Setiap bab terdiri dari beberapa sub bab yang disusun secara runtut.
            Buku ini ukurannya kecil, fleksibel, mudah dibawa, dan harganya juga relatif murah. Selain itu, buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan sehingga pembaca dapat memahami dengan mudah tentang isi buku. Setiap sub bab diberi contoh soal dan setiap akhir bab diberi paket soal yang sebagian diambil dari soal EBTANAS, UNAS, dan SPMB. Ini dapat mengenalkan kepada pembaca mengenai bentuk-bentuk soal yang berbobot sehingga nantinya pembaca tidak kaget ketika menghadapi UN dan SPMB. Buku ini juga dilangkapi dengan pembahasan soal untuk mempermudah pembaca dalam mengetahui cara menjawab soal-soal dengan benar.
            Sangat disayangkan, ada beberapa materi yang tidak disajikan oleh penulis, misalnya materi kimia kelas X semester 2 yaitu larutan elektrolit. Penulis hanya menguraikan materi secara  secara singkat, tidak secara detail, sehingga informasi yang dapat diserap oleh pambaca terbatas. Buku ini juga berwarna hitam putih dan tidak ada gambar-gambar yang menarik. Hal ini dapat menurunkan minat pembaca untuk mempelajari materi yang disajikan.
            Buku ini cocok dibaca oleh para pengajar, siswa SMA, terutama bagi siswa yang ingin menguasai konsep, sehingga pembaca dapat mengetahui dengan cara apa soal bisa dikerjakan dengan cepat dan tepat. Jadi, dengan membaca buku ini kita dapat menguasai konsep dengan mudah.
Marfu’ah
Siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar