Identitas
buku:
ü Judul :
Metode Cling…! Semua Rumus
Kimia Gak Pake Mikir…!
ü Penulis :
Forum Tentor
ü Penerbit :
Pustaka Widyatama
ü Jumlah halaman :
xii + 372
ü Tahun terbit :
2011
ü Harga buku :
Rp26.500,00
Banyak siswa SMA yang menganggap
pelajaran kimia itu sulit. Dengan adanya buku “Metode Cling…! Semua Rumus Kimia
Gak Pake Mikir…!” yang mengulas tentang materi pelajaran kimia untuk siswa SMA
mungkin bisa mengubah pendapat para siswa. Karena di dalam buku ini, materi
disampaikan secara ringkas dan mudah untuk dipahami. Jadi, buku ini bisa
dijadikan pegangan untuk siswa ataupun para pengajar selain buku paket.
Tujuan penulisan buku ini adalah untuk
membantu kita menguasai konsep secara mudah. Penguasaan konsep merupakan
satu-satunya cara agar kita bisa langsung “cling” setiap mengerjakan soal. Buku
ini berisi menjadi 13 bab yang membahas tentang materi kimia kelas X, XI, XII,
yaitu: struktur atom dan sistem periodik unsur, ikatan kimia ,stokiometri, termokimia,
laju reaksi, kesetimbangan, larutan, koloid, reaksi redoks dan elektrokimia, kimia
organik, kimia unsur, kimia inti, dan kimia lingkungan. Setiap bab terdiri dari
beberapa sub bab yang disusun secara runtut.
Buku ini ukurannya kecil, fleksibel,
mudah dibawa, dan harganya juga relatif murah. Selain itu, buku ini ditulis
dengan bahasa yang ringan sehingga pembaca dapat memahami dengan mudah tentang
isi buku. Setiap sub bab diberi contoh soal dan setiap akhir bab diberi paket
soal yang sebagian diambil dari soal EBTANAS, UNAS, dan SPMB. Ini dapat
mengenalkan kepada pembaca mengenai bentuk-bentuk soal yang berbobot sehingga
nantinya pembaca tidak kaget ketika menghadapi UN dan SPMB. Buku ini juga
dilangkapi dengan pembahasan soal untuk mempermudah pembaca dalam mengetahui
cara menjawab soal-soal dengan benar.
Sangat disayangkan, ada beberapa
materi yang tidak disajikan oleh penulis, misalnya materi kimia kelas X
semester 2 yaitu larutan elektrolit. Penulis hanya menguraikan materi secara secara singkat, tidak secara detail, sehingga
informasi yang dapat diserap oleh pambaca terbatas. Buku ini juga berwarna
hitam putih dan tidak ada gambar-gambar yang menarik. Hal ini dapat menurunkan
minat pembaca untuk mempelajari materi yang disajikan.
Buku ini cocok dibaca oleh para
pengajar, siswa SMA, terutama bagi siswa yang ingin menguasai konsep, sehingga pembaca
dapat mengetahui dengan cara apa soal bisa dikerjakan dengan cepat dan tepat.
Jadi, dengan membaca buku ini kita dapat menguasai konsep dengan mudah.
Marfu’ah
Siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar