Jumat, 29 November 2013

Sampah Daun dan Sungai Tercemar


Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan eco campus. Tentu saja di dalamnya terdapat banyak sekali pohon-pohon untuk habitat berbagai macam burung. Dewasa ini kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember banyak sekali sampah daun yang tidak dibersihkan. Sampah daun tersebut menjadikan lingkungan kotor dan membuat warga yang melintas merasa tidak nyaman. Penumpukan sampah daun disebabkan karena sedikitnya tenaga kerja untuk membersihkan sampah-sampah daun tersebut. Selain itu alat yang digunakan untuk membersihkan sampah masih manual seperti memakai sapu sehingga membutuhkan banyak tenaga dan membutuhkan banyak waktu.
Selain permasalahan tentang sampah daun, ada permasalahan mengenai sungai. Sungai yang ada di dalam kampus ITS sangat tercemar. Warna air sungainya sangat keruh dan banyak sekali sampahnya sehingga menimbulakan bau tidak sedap. Penyebab dari keruhnya air sungai disebabkan karena pabrik di sekitar ITS membuang limbah di sungai dan para warga disekitar sungai juga membuang sampah ke sungai.
Untuk masalah sampah daun dapat diatasi dengan membuat sebuah alat yang dapat membersihkan daun dengan cepat dan dengan waktu yang singkat sehingga walaupun tenaga kerja sedikit, sampah-sampah daun bisa dibersihkan semua. Selain bisa membersihkan daun, alat tersebut bisa mencacah daun menjadi bagian yang kecil-kecil. Sampah daun yang sudah hancur bisa dikumpulkan menjadi satu kemudian diolah menjadi pupuk kompos. Dengan begitu, selain lingkungan menjadi bersih dari sampah daun, kita juga akan mendapat keuntungan lain yaitu tersedianya pupuk kompos gratis.
Kemudian masalah sungai yang tercemar bisa diatasi dengan sebuah alat yang bisa menyaring sampah yang ada di sungai dan bisa menjernihkan air sungai. Alat tersebut diletakkan di tengah-tengah sungai. Air sungai yang melewati alat tersebut akan diproses menggunakan teknologi yang canggih sehingga air yang sudah diproses menjadi bersih kembali.

Jadi, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sampah daun dan sungai yang tercemar di ITS dapat diatasi dengan alat penyapu daun dan alat penyaring dan penjernih air sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar