Jumat, 29 November 2013

Gerigi ITS 2013


Gerigi ITS 2013, generasi integralistik ITS merupakan kegiatan yang diperuntukkan untuk para mahasiswa baru dengan jargonnya “Bersama, Bersinergi, Jaya Almamaterku”. Di kegiatan ini semua mahasiswa baru dikumpulkan kemudian dibagi menjadi beberapa komunal, komunal masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari berbagai macam jurusan yang ada di ITS. Dengan begitu semua mahasiswa baru bisa mengenal tidak hanya dari jurusannya sendiri tapi juga kenal dan akrab dengan temna dari jurusan lain.
Banyak materi yang disampaikan di acara Gerigi. Materi tersebut disampaikan kepada mahasiswa baru untuk memperkenalkan dunia kampus kepada bahasiswa baru yang sedang mangalami masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan berguna untuk bekal menjalani dunia perkuliahan.
Selain materi juga diberikan tugas kelompok. Setiap kelompok mendapat tugas membuat yel-yel kelompok. Kemudian juga ada tugas untuk membawa makanan yang beda-beda jenisnya tiap komunal. Ada lagi tugas untuk membuat show off kelompok dan show off komunal.
Hal yang paling berkesan bagi saya saat Gerigi ITS 2013 adalah ketika membuat show off kelompok. Saya dan kelompok saya mempersiapkan show off kelompok dari selesai maghrib sampai jam sepuluh malam. Disini kekompakan kita benar-benar diuji karena dalam waktu yang singkat, kita dituntut untuk membuat show off kelompok yang bertemakan Gunung Lawu. Selain itu, kita juga masih merasa capek karena seharian tidak istirahat. Disini saya benar merasakan kebersamaan yang erat diantara semua anggota kelompok tujuh. Kita bekerja sama, ada yang  bertugas menjadi pembuat cerita, pemain drama, pembuat properti, dan pengiring. Dan hasilnya, drama kelompok tujuh berhasil dibuat.
Hal yang paling berkesan kedua adalah saat penutupan Gerigi 2013. Saat penutupan, semua mahasiswa baru dikumpulkan di lapangan alumni dengan cuaca yang sangat panas. Namun, hal ini seakan lenyap ketika disuguhkan penampilan show off perkomunal. Penampilan dari masing-masing komunal sangat menarik. Kemudian setelah show off ada simolasi total dari susu kaleng. Setiap mahasiswa baru diberi kesempatan untuk meletakkan susu kaleng di atas MMT besar di tengah lapangan. Kemudian setelah peletakan susu, semua mahasiswa baru menandatangani kain putih yang panjang. Ini merupakan pengalaman menarik bagi saya. Hal yang terakhir yang kami lakukan saat penutupan Gerigi adalah foto bersama satu kelompok.

Menurut saya, Gerigi 2013 memberikan banyak manfaat dan banyal sekali pengalaman baru yang dapat saya ambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar